Artikel Kesehatan Mengenali Bahaya Kolesterol Tinggi Dan Pencegahanya

Posted by

Informasi Kesehatan Mengenali Bahaya Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya Sangat Penting Untuk di Ketahui

Tahukan anda apa itu kolesterol dan Bahaya kolesterol tinggi ? Kolesterol adalah salah satu komponen lemak yang berasal dari organ Hati manusia. Zat yang tampak putih layaknya lilin tersebut bisa ditemui disetiap sel tubuh manusia. Fungsi utama dari kolesterol tersebut ialah pembuat hormon-hormon yang penting bagi tubuh, pembangun dinding-dinding sel dan menguatkan membran sel tubuh. Namun harus anda ketahui Bahaya Kolesterol Tinggi dapat menjadi masalah bagi diri sendiri. 

Bahaya Kolesterol Tinggi >> Kolesterol tinggi memiliki dampak negatif berbahaya bagi tubuh. Jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi dari nilai normal, maka risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke akan lebih besar. Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan mengendapnya kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang dikenal sebagai aterosklerosis (proses pembentukan plak pada pembuluh darah).Kolesterol tidak larut dalam cairan darah. Untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein. Lipoprotein dapat dianggap sebagai 'pembawa' (carier) kolesterol dalam darah. Jumlah kolesterol yang ada di tubuh kita harus seimbang dengan kebutuhan. Dengan begitu tubuh kita akan tetap sehat. Tetapi bila jumlahnya berlebihan, salah satunya akibat terlau sering makan makanan mengandung kolesterol, maka kadar kolesterol dalam darah akan meningkat.

Apa penyebab kolesterol tinggi ? Penyebab kolesterol tinggi utamanya di akibatkan oleh pola hidup tidak sehat serta radikal bebas yang kebanyakan terdapat pada makanan seperti :
  • Susu yang berlemak tinggi, Sosis dan Keju
  • Kerang, kepiting, Udang, belut dan siput perlu dihindari.
  • Kuning telur
  • Cumi-cumi
  • Telur puyuh
  • Otak sapi
  • Merokok 
  • Obesitas 
  • Minyak
  • Jarangnya melakikan aktivitas olah raga

Cara Sederhana Melakukan Pencegahan kolesterol Tinggi >> Tips cara sederhana melakukan pencegahan kolesterol tinggi dengan di awali dari diri sendiri melakukan pola hidup sehat dengan mengubah gaya hidup dan pola makan, bahkan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan kadar kolesterol. Berikut ini adalah ulasan singkat yang berisi tips dan cara menurunkan kolesterol secara alami dan mudah yang bisa anda lakukan secara rutin setiap hari.

  • Menurunkan berat badan berlebih, Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas adalah salah satu alasan di balik tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.
  • Berhenti merokok segera, Jika Anda menderita tekanan darah atau memiliki kadar trigliserida yang tinggi, berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
  • Rajin Olahraga, Olahraga setiap hari dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida dan tekanan darah. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan berat badan.
  • Check up rutin, Ini adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cek up rutin dapat memberi Anda gambaran tentang berapa rata-rata kadar kolesterol dalam tubuh Anda.
  • Makan makanan rendah kalori, Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, misalnya, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel dan lain-lain.

Dari paparan mengenali bahaya kolesterol tinggi dan pencegahannya dapat kita simpulkan bahwa, bahaya penyakit bisa di awali dari diri sendiri dengan tidak mengindahkan pola hidup sehat dan kebiasan buruk yang dapat memicu adanya kolesterol tinggi dalam tubuh dan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan dari mulai serangan penyakit jantung serta stroke yang dapat mengakibatkan penyakit patal, Nah semoga dengan adanya artikel kesehatan ini dapat mendorong keinginan anda untuk melakukan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk dengan cara menghindari makanan yang membahayakan kesehatan serta melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan teratur, selamat melakukan aktivitas pola hidup sehat. "Salam Sehat". !!


Blog, Updated at: 00.31.00

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Profil Pengelola Produk Herbal


Jl. Raya Labuan KM.24 Cisata 42273 (Depan SMAN 10 PANDEGLANG) Pandeglang-Banten Kontak 085311862445

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.