Artikel Kesehatan Mengenali Asam Lambung tinggi

Posted by

Artkel Kesehatan Mengenali Asam Lambung Tinggi >> Mengenali asam lambung tinggi dan faktor pemicu naiknya asam lambung tinggi,  itu sangat penting untuk di ketahui bagi anda yang ingin melakukan pola hidup sehat >> Asam lambung tinggi diakibatkan karena adanya kelebihan zat asam pada lambung. Hal ini diakibatkan karena lambung ketika menguraikan makanan yang Anda konsumsi setiap hari, apabila Anda telat makan atau mengkonsumsi makanan yang susah untuk di cerna dan diproses oleh lambung maka zat asam pada lambung terus bekerja sehingga menngalami pengingkatan. 

Asam Lambung Tinggi

Naiknya asam lambung terjadi karena melemahnya atau tidak berfungsi dengan baik katup pembatas antara kerongkongan dan lambung. Dalam keadaan normal katup ini berfungsi mengatur dan mengunci agar makanan yang masuk ke lambung tidak keluar lagi ke kerongkongan. Tekanan tinggi akibat produksi asam lambung yang berlebihan menjadi salah satu faktor utama kondisi ini. Selain itu, kelainan anatomi seperti kelainan gerakan usus juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Beberapa Faktor Makanan dan Minuman Yang Memicu Naiknya Asam  Lambung Tinggi


  • Cokelat
    Cokelat adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ketika asma lambung meningkat. Ini karena cokelat mengandung kafein dan penuh lemak. Jika Anda memiliki kecenderungan asam lambung, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi cokelat.
  • Makanan pedas
    Selain menyebabkan mulas dan tak baik untuk lambung, makanan pedas juga bisa menyebabkan asam lambung semakin meningkat. Makan makanan pedas ketika asam lambung naik bisa menambah rasa terbakar pada bagian perut, dada, dan tenggorokan.
  • Makanan berbahan tomat
    Tomat adalah salah satu makanan sehat, namun sayangnya tomat juga mengandung kadar asam yang tinggi dan bisa memperburuk rasa sakit ketika asam lambung meningkat. Lebih baik jangan dekati makanan yang mengandung tomat, seperti spageti atau saus tomat. 
  • Makanan asam
    Tentu saja, ketika asam lambung meningkat, sebaiknya Anda tak mengonsumsi makanan yang asam. Hindari buah-buah atau minuman yang asam seperti jeruk, jeruk nipis, atau lainnya. Untuk minum, lebih baik konsumsi air putih. banyak minum air putih bisa meredakan asam lambung.
  • Gorengan
    Gorengan berkaitan dengan kenaikan asam lambung dan rasa mulas. Lemak jenuh yang ada di dalamnya membuat perut menjadi tak nyaman. Untuk itu, ketika mengalami kenaikan asam lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang digoreng.
  • Minuman bersoda
    Minuman bersoda tak baik untuk lambung ketika terjadi kenaikan asam lambung. Gelembung sodanya yang berisi karbon bisa memberikan tekanan pada lambung dan membuat asam semakin naik.
  • Alkohol Meski alkohol tak mengandung banyak asam, namun meminumnya masih bisa menyebabkan masalah. Alkohol membuat sam lambung semakin naik ke kerongkongan. Hal ini semakin mungkin terjadi jika Anda mencampur alkohol dengan jus atau minuman lain.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika asam lambung meningkat. Mengonsumsi makanan di atas bisa membuat kenaikan asam lambung semakin parah. Apa yang anda akan lakukan setelah mengenali penyakit asam lambung ? serta faktor yang menyebabkan naiknya asam lambung ? Saran saya lakukanlah pola hidup sehat dengan memilih makanan dan minuman yang tidak merugikan diri sendiri, bagi anda yang sering memakan makanan faktor pemicu terjadinya asam lambung meningkat seperti contoh di atas sebaiknya lebih di kurangi dan menggantikannya dengan memakan makanan yang bernilai baik serta memiliki gizi yang cukup."Salam Sehat". !!!


Blog, Updated at: 00.14.00

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Profil Pengelola Produk Herbal


Jl. Raya Labuan KM.24 Cisata 42273 (Depan SMAN 10 PANDEGLANG) Pandeglang-Banten Kontak 085311862445

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.