Artikel Kesehatan Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Posted by

Artikel Kesehatan Mencegah Penyakit Demam Berdarah =>> pencegahan datangannya penyakit yang dapat membahayakan kesehatan diri sendiri itu peru di upayakan, karena tanpa kita sadari bahwa sehat itu mahal harganya. Maka dari itu mari lakukan pola hidup sehat di mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Nah di sini saya akan menginformasikan artikel mencegah penyakit demam berdarah mari simak baik-baik.

Ketahui Penyakit Demam Berdarah


Penyakit demam berdarah (DB) merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan. Hampir setiap tahun kejadian penyakit terus bertambah jumlah dan distribusi penyebarannya. Apalagi ketika musim penghujan sekarang ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang menyenangi tempat penampungan air yang tergenang.

Apa tanda-tanda penyakit demam berdarah?


Penyakit demam berdarah (DB) ditandai dengan gejala demam tinggi terus menerus lebih dari 2 hari, badan lemah, sakit di persendian, kadang-kadang disertai dengan manifestasi perdarahan seperti mimisan, bintik-bintik merah di kulit dan atau mual dan muntah darah. Syok dan kesadaran menurun adalah kondisi yang berbahaya bagi penderita DB, karena tanpa pertolongan yang baik dan benar maka dapat terjadi kematian (dahulu anak bibi saya ada yang meninggal akibat penyakit DB).

Penderita harus segera dirawat bila ditemukan gejala-gejala berikut: denyut jantung meningkat, kulit pucat dan dingin, denyut nadi melemah, dan terjadi perubahan derajat kesadaran, penderita terlihat ngantuk atau tertidur terus menerus.

Mari Lakukan Pencegahan Penyakit Demam Berdarah !!


Salah satu usaha pencegahan atau pengendalian penyakit demam berdarah adalah dengan memerangi nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak terutama di tempat-tempat buatan manusia, seperti wadah plastik, ban mobil bekas dan tempat-tempat lain yang menampung air hujan. Nyamuk ini menggigit pada siang hari, beristirahat di dalam rumah dan meletakkan telurnya pada tempat-tempat air bersih tergenang.

Cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan "3M", yakni:
  • Menguras tempat penampungan air
  • Menutup tempat penampungan air
  • Menimbun tempat penampungan air

Apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak penyakit ini? Bila gejala demam berdarah sudah terlihat,seperti bercak-bercak merah atau rasa nyeri pada otot dan persendian atau di belakang mata, hendaknya segera konsultasi dengan dokter anda agar bisa dilakukan tindakan pencegahan secepatnya.

Hubungan antara sehat sakit ini penting diketahui agar ketika kita merasakan akan tanda gejala sakit atau kurang sehat, maka kita bisa segera mendatangi tenaga kesehatan untuk memeriksakan status kesehatan kita. Bila memang sakit, maka kita akan segera mendapatkan pengobatan yang tepat dari ahlinya. Demikian artikel kesehatan mencegah penyakit demam berdarah yang dapat saya sampaikan semoga dengan adanya artikel kesehatan ini bermanfaat untuk anda dan pastikan akan lebih waspada terhadap bahaya penyakit demam berdarah yang dapat merugikan manusia. "Salam Sehat". !!


Blog, Updated at: 18.44.00

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Profil Pengelola Produk Herbal


Jl. Raya Labuan KM.24 Cisata 42273 (Depan SMAN 10 PANDEGLANG) Pandeglang-Banten Kontak 085311862445

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.