Tips Cara Mencegah Penyakit Malaria

Posted by

Tips Cara Mencegah Penyakit Malaria - Banyak cara untuk mencegah datangnya bahaya penyakit malaria dengan cara mengindari gigitan nyamuk penyebab malaria seperti menyemprotkan antinyamuk serta membersihkan ruangan yang tergenang air agar nyamuk malaria tidak bisa berkembang biak dirumah kamu, serta yang gak kalah pentingnya adalah selalu menjaga pola gaya hidup yang sehat dan satu lagi yang gak kalah penting untuk menghindari penyakit malaria sebisa mungkin jangan selalu bertemu dengan penderita malaria.

Mengenali Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan Nyamuk anopheles. Ada bebeapa gejala yang ditimbulkan penyakit malaria namun jangan kawatir penyakit malaria juga bisa dicegah, sehinga kamu tidak terkena sakit malaria. Penyakit malaria disebabkan oleh protozoa parasit dari golongan plasmodium yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk, parasit ini masuk kedalam tubuh dan terus melakukan pembelahan diri yang akhirnya akan merusak sel sel darah manusia sehinga orang yang terkena malaria sering mengalami kekurangan sel darah merah, malaria juga bisa menyebabkan kematian karena dapat meyebapkan penyumbatan sel pembuluh darah di otak. Nah apa bila sakit malaria tidak diobati dengan cepat dan benar maka akan berakibat buruk pada penderita malaria.

Nagara Yang Sering Di Jumpai Penyakit Malaria

Malaria merupakan suatu masalah kesehatan yang banyak terjadi di negara-negara tropis. Malaria juga dapat menjadi suatu masalah bagi orang-orang yang berkunjung ke negara-negara tropis tersebut. Jika Anda bepergian g pada suatu daerah tropis atau ke suatu daerah/negara dimana kasus malaria sering terjadi di sana, Anda sebaiknya berhati-hati akan risiko penularan malaria dan lakukanlah tindakan pencegahan sebelum terserang penyakit ini.

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang banyak terdapat kasus malaria. Beberapa daerah di Indonesia bahkan temasuk daerah endemis malaria. Kasus malaria banyak terdapat di Indonesia bagian timur. Terdapat pula di beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Jawa. Hutan tropis yang banyak terdapat di Indonesia adalah salah satu tempat habitat nyamuk penyebab malaria.

Bahaya Penyakit Malaria Dapat Mengakibatkan :

1. Rasa sakit yang ditimbulkan sangat menyiksa si penderita
2. Tubuh yang sangat lemah, sehingga tidak dapat bekerja seperti biasa
3. Dapat menimbulkan kematian pada anak-anak dan bayi
4. Perkembangan otak bisa terganggu pada anak-anak dan bayi, sehingga menyebabkan kebodohan.

Mari Lakukan Mencegahan Penyakit Malaria 

Anda sebaiknya melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk menjaga diri Anda dari gigitan nyamuk. Jika bisa :

 1. Usahakan tidur dengan kelambu, memberi kawat kasa, memakai obat nyamuk bakar, menyemprot ruang tidur, dan tindakan lain untuk mencegah nyamuk berkembang di rumah.
2. Usaha pengobatan pencegahan secara berkala, terutama di daerah endemis malaria.
3. Menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan ruang tidur, semak-semak sekitar rumah, genangan air, dan kandang-kandang ternak.
4. Memperbanyak jumlah ternak seperti sapi, kerbau, kambing, kelinci dengan menempatkan mereka di luar rumah di dekat tempat nyamuk bertelur.
5. Memelihara ikan pada air yang tergenang, seperti kolam, sawah dan parit. Atau dengan memberi sedikit minyak pada air yang tergenang.
6. Menanam padi secara serempak atau diselingi dengan tanaman kering atau pengeringan sawah secara berkala
7. Menyemprot rumah dengan DDT.

Semoga dengan adanya artikel tips cara mencegah penyakit malaria dapat bermanfaat untuk anda yang ingin melakikan pencegahan datangnya penyakit malaria, karena kesehatan adalah mahkota individu untuk bisa beraktivitas secara maxsimal, untuk itu mari lakukan mencegahan penyakit malaria di mualai dari diri sendiri, lingkungan, dan masyarakat. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati, "Salam Sehat" !!


Blog, Updated at: 00.35.00

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Profil Pengelola Produk Herbal


Jl. Raya Labuan KM.24 Cisata 42273 (Depan SMAN 10 PANDEGLANG) Pandeglang-Banten Kontak 085311862445

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.